PEMIMPIN YANG KARISMATIK DAN AMANAH
Oleh : Khoirul huda

Karismatik berarti karunia yang di inspirasi ilahi. Karismatik juga dapat dimaknai sebagai suatu hasil persepsi pengikut dan hasil dari kemampuan-kemampuan aktual seorang pemimpin. Pemimpin karismatik memiliki kebutuhan yang tinggi te
rhadap kekuasaan, rasa percaya diri, serta keyakinan terhadap cita-citanya. Sebuah kebutuhan terhadap kekuatan motivasi pemimpin karismatik untuk mempengaruhi yang dipimpinnya. Rasa percaya diri dan pendirian yang kuat meningkatkan kepercayaan yang dipimpinnya terhadap berbagai pertimbangan dan pendapat pemimpinnya tersebut. Seorang pemimpin dengan pola ciri seperti di atas memiliki kemungkinan lebih besar dalam mencapai keberhasilan dalam mempengaruhi bawahan.
Seorang pemimpin karismatik memiliki pengaruh yang mendalam dan luar biasa dikalangan bawahannya. Mereka memiliki keyakinan bahwa pendapat pemimpinnya adalah benar dan mereka menerimanya dengan senang hati dan memiliki rasa sayang terhadap pemimpinnya dan jugas secara emosional dalam visi dan misi organisasi atau lembaga  ini sangat layak disematkan kepada Bapak SUPA’AT, S.Pd.,M.MPd, selaku Kepala SMK Negeri 1 Kalitengah  yang luar biasa, beliau juga  seorang yang mendapat amanat besar untuk mengelolah penyelenggaraan layanan pendidikan, dan bertanggung jawab dalam menjamin pelaksanaan proses pendidikan yang bermutu, diantaranya adalah gebrakannya adalah dibuktikan dengan  berbagai kegiatan yaitu adanya pembiasaan sholat dhuha berjamaah, shodakhoh setiap hari seribu rupiah, baca Al Qura’an tiap awal Kegiatan pembelajaran disamping itu beliau juga sangat supel dan rendah hati dalam kepimpinannya . beliau  tidak hanya mengingatkan siswa berprestasi secara akademik dalam bidangnya masing masing melainkan juga mampu membentuk karakter siswa dengan akhlak mulia. Serta beliau juga memainkan suatu peran kunci dalam memberikan pendidikan dan pengajaran yang bermutu. Tanggung jawabnya menjamin adanya strategi pendidikan yang mendukung pendidikan dan pembelajaran untuk semua siswa, tanpa diskriminasi dan sebagai fasilitator, pembimbing, dan pendukung terjadinya pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas.
Demikian apa yang penulis rasakan selama ini dalam kepimpinannya sebagai kepala sekolah SMK Negeri 1 Kalitengah sampai sekarang ini. Akhir kata luar biasa kepada beliau Bapak Supa’at, S.Pd, M.MPd.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer